Rabu, Mei 11, 2016

Memperbaiki


Tidak banyak, hanya beberapa untai kata saja yang ingin aku lemparkan ke luar sana agar terbawa angin malam, sehingga sesakku sedikit lebih lega dibuatnya. Belakangan ini situasi tak begitu baik menyapa hati. Ada gondok yang sedikit menyumbat, menghambat aliran nafas dan menyamarkan senyum di bibir. Beberapa hal yang telah terjadi meninggalkan pertanyaan dan pemikiran yang berakibat pada rusaknya keharmonisan. Gesekan-gesekan kecil penyulut api amarah seringkali terjadi, percikan bunga-bunga api pertengkaran menghias, hingga tidak ada tarikan nafas yang cukup kuat untuk mendamaikan dan melegakan hati akhir-akhir ini.

Mungkin saja sedang lelah, karena kita sudah cukup lama berjalan, sudah cukup jauh jarak yang kita tempuh, sudah kita keluarkan banyak sikap yang selama ini tersembunyi. Di balik itu semua hanya akan ada satu pertanyaan, Bisakah kita saling mengerti dan menerima?

Adalah suatu ujian ketika semua ini terjadi. Aku menyadari secara utuh, namun tak cukup mampu untuk bersikap lebih baik. Kelabilan hati, rasa, dan pikir masih harus merupakan hal yang menjadi sorot untuk dapat diperbaiki. Barangkali di sini tempatnya aku belajar, diantara masalah-masalah yang kita hadapi. Mungkin dengan ini aku dapat lebih menghargai, dapat lebih mendengar, dan dapat lebih memahami.

Aku mengutarakan pengakuan kepada sunyinya malam. Kekanak-kanakanku sangatlah tidak sepadan untuk dibersandingkan dengan kesabaran dan kedewasaanmu. Tetapi aku juga ingin untuk belajar, mejadi lebih baik bukanlah hal yang mustahil. Walau sedikit menyakitkan dan tampaknya mesti ada yang harus mengurut dada.


Kepada sunyi malam juga aku telah menitip maaf. Menjadikanmu alat untuk memperbaiki diri adalah kebodohan dan ketidaksopanan. Tetapi apa yang harus dikata, tuhan mempertemukan kita dalam suasana dan keadaan yang demikian adanya. Maka adalah kesabaran dan kedewasaanmu itu yang sebenarnya telah di utus untuk memperbaiki kerusakan dan menambah kekurangan dalam setiap hirup nafas yang kulakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar